https://www.google.com/webmasters/tools/

Tuesday 7 June 2016

Definisi Provinsi Bali

SUKU DI INDONESIA – Bali merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia. Bali juga menjadi tempat/wilayah dimana warga asing untuk berlibur di Indonesia. Ibu kota provinsi bali adalah Denpasar. 

Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya,  khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.



Batas wilayah Provinsi Bali

Sebelah Utara    : Laut Bali
Sebelah Timur   : Selat Lombok (Provinsi Nusa Tenggara Barat)
Sebelah Selatan : Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Sebelah Barat    : Selat Bali (Provinsi Jawa Timur)

Luas total wilayah Provinsi Bali adalah 5.634,40 ha dengan panjang pantai mencapai 529 km, atau sebesar 0,29 % dari luas wilayah Republik Indonesia.

Suku-suku yang terdapat di Provinsi Bali meliputi suku Bali, Jawa, Bali Aga, Madura. Dan yang menjadi suku mayoritas di Provinsi Bali yaitu Suku Bali dengan 89% dari populasi Provinsi Bali

Secara geografis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang membuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain.
Pulau Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ada berbagai macam agama yang di anut oleh masyarakat di pulau bali seperti hindu, islam, kristen dan katolik, dan buddha tetapi mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu sebesar 89 % dari jumlah masyarakat 4,225 juta pada tahun 2014.

Di awal kemerdekaan Indonesia (1945) terdapat 8 provinsi yang terdiri dari Provinsi Sumatera, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sunda Kecil, Provinsi Maluku, Provinsi Kalimantan, Provinsi Sulawesi.
Bali termasuk dalam Provinsi Sunda Kecil. yang beribu kota di Singaraja, dan kini terbagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan di wilayah Kabupaten Klungkung, Pulau Serangan di wilayah Kota Denpasar, dan Pulau Menjangan di Kabupaten Buleleng.

Provinsi Bali terbagi menjadi delapan kabupaten dan satu kota, yaitu Kabupaten Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Karangasem, Klungkung, Bangli, Buleleng, dan Kota Denpasar yang juga merupakan ibukota provinsi. Dan Bali  merupakan nama dari pulau utama di wilayah Provinsi bali.

demikian informasi mengenai Provinsi Bali dan jangan lupa subcribe blog ini..

No comments:

Post a Comment